10 MAKANAN TERBAIK KHAS THAILAND

 
Thailand terkenal dengan jajanannya yang bervariasi dan kaya rasa. Saat traveling ke sana, pastikan Anda mencoba beragam makanan andalannya. Inilah 10 makanan terbaik khas Thailand. (hs/gg)

1.Pad Thai.
 
Sekilas, makanan ini terlihat seperti kwetiau goreng. Bahan dasar pad see ew memang kwetiau dan dicampur dengan potongan brokoli dan saus tiram. Makanan yang jadi favorit banyak orang Thailand ini juga memiliki campuran kacang, potongan ayam atau orak-arik telur ayam. Makanan yang disajikan panas ini bisa ditemui di jalan-jalan Bangkok.

2.Tom Yam.
 
Tom yum atau yang bernama lain tom yam adalah sup asam pedas yang berisi mi dan udang segar. Rasanya akan membuat Anda melek seketika. Campuran cabai dan jeruk nipis bersatu dengan gurihnya santan membuat makanan ini jadi favorit para traveler saat liburan ke Bangkok. Sup ini biasanya dilengkapi dengan jamur dan sayuran hijau seperti brokoli.

3.Som Tam.
 

Salad ini terbuat dari irisan pepaya muda yang dicampur dengan bumbu kacang. sebagai pelengkap, salad ini dilengkapi dengan irisan wortel dan bumbu cabai.

4.Guay Tiew Reua
Mi lezat ini disajikan bersama bunga morning glory, darah babi, toge dan suwiran daging babi atau ayam. Makanan ini disajikan dalam mangkok kecil sehingga Anda bisa mencoba variasi rasa dan jenis mi yang ditawarkan.

5.Moo Ping.
 
Sate babi ini memang terlihat seperti sate biasa lainnya. Namun alih-alih disajikan bersama nasi atau lontong, moo ping malah disajikan bersama nasi ketan atau yang dikenal dengan sticky rice. Daging babinya pun dicampur dengan saus ikan dan santan dahulu sebelum dibakar. Sate babi ini jadi favorit para backpaker karena harganya yang tidak mahal dan rasanya yang lezat. Moo ping biasanya disajikan bersama sambal yang dikenal dengan jaew.

6.Serangga Goreng.
 

Gorengan tidak biasa ini jadi salah satu camilan khas Thailand. Ada beberapa serangga yang bisa Anda coba antara lain jangkrik, kelabang dan belalang goreng. Tak ketinggalan, ada juga ulat goreng nan gurih. Gorengan ini disatukan dalam satu tusuk panjang yang bisa dikonsumsi seperti sate atau disatukan begitu saja di atas nampan besar. Anda akan sering menemukan camilan ini di banyak kawasan di Bangkok.


7.Khao Pad Poo.
 

Nasi goreng ini bukanlah nasi goreng biasa. Nasi ini dimasak dengan bunga melati dan saus ikan khas Thailand. Poo adalah bahasa Thailand dari kepiting. Jadi bayangkan, nasi kaya rasa itu akan dicampur dengan potongan kepiting, orak-arik telur dan disempurnakan dengan jeruk nipis. Makanan yang bisa ditemukan di warung-warung tepi jalan ataupun restoran ini dijamin membuat Anda ketagihan!


8.Cha Yen.
 

Lupakan es teh manis barang sejenak. Saat di Bangkok, minuman yang harus Anda pesan adalah cha yen atau thai ice tea yang berarti es teh Thailand. Rasanya akan berbeda dibanding dengan teh-teh dari negara lain. Thai tea terbuat dari teh Thailand hitam yang dicampur dengan adas bintang dan biji asam. Warna teh ini akan tidak akan berwarna merah gelap melainkan jadi oranye terang karena memiliki campuran susu. Jika lidah senang dengan rempah, maka minuman ini akan memanjakan lidah Anda.


9.Khao Niew Ma Muang.
 
Mangga segar dan ketan disiram dengan krim santan yang manis. Nyamm! Makanan ini akan menjadi penutup yang sempurna. Inilah salah satu makanan yang tak pernah bosan disantap oleh para pelancong. Rasanya manis dan segar. Makanan ini akan banyak dijajakan di seluruh Bangkok saat sedang musim mangga. Namun, bukan berarti makanan ini tak ada saat mangga saat sedang jarang berbuah. Anda bisa mencari makanan ini di komplek jajanan atau restoran sekitar.

10.Khanom Krok.
 

Khanom Krok atau kue kelapa, Bentuknya setengah lingkaran kecil dan dimasak di atas wajan khusus. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan santan. Uniknya, kue ini biasanya disajikan dengan bawang goreng. Membuat cita rasa ini sedikit berbeda dan tentu akan membuat Anda ketagihan. Makanan ini mudah dicari di pasar-pasar sekitar Bangkok. Cobalah selagi masih hangat.

0 komentar: