SISWI SMA N 2 TEBING TINGGI INI TERPILIH IKUT PERTUKARAN PELAJAR KE AS, SELAMAT!

 

Rama Janvani, pelajar kelas 12 IPA SMA Negeri 2 Kota Tebingtinggi terpilih ikut dalam pertukaran pelajar antara Indonesia-Amerika Serikat. Atas prestasinya, gadis 16 tahun ini anak dari pasangan Rani Idris Lubis (45) dan Sri Delima (40) ini akan bersekolah di Mexico City Amerika Serikat.

“Saya tak pernah terpikir terpilih bersekolah ke Amerika. Ini mukzijat Allah SWT yang telah memberikan hidayahnya sehingga saya bisa terpilih menjadi satu-satu murid di Tebingtinggi yang bisa bersekolah ke luar negeri dengan gratis,” bilang Rama usai bertemu Wali Kota Tebingtinggi, Ir Umar Zunaidi Hasibuan, Senin (27/7).
Rama yang tinggal di Jalan Senangin No. 9 Kelurahan Badak Bejuang Kota Tebingtinggi ini berjanji akan terus membanggakan kedua orang tua dan sekolahnya, serta mengharumkan nama Kota Tebingtinggi ke tingkat dunia internasional. ”Keberangkatan direncanakan tanggal 13 Agustus 2015. Saya akan bersekolah di luar negeri selama satu tahun,” katanya sumringah.
Gadis yang pandai pada mata pelajaran Kimia dan Fisika ini mengatakan, usai menyelesaikan pendidikan setahun di AS, dia berharap bisa menjadi contoh teladan yang baik bagi teman-temannya.
Selain belajar ilmu pendidikan, Rama juga akan mempromosikan kuliner, kultur budaya Indonesia ke tingkat internasional
“Kita juga akan memperkenalkan budaya dan pariwisata di Tebingtinggi. Rama akan memberikan ulos serta pakaian adat Batak kepada orang Amerika. Menunjukan tari-tarian daerah,” tukas Rama.
ntuk menjaga kondisi tubuh selama belajar di Mexico City, Rama mempersiapkan perlengkapan baju panas, makanan tambahan, dan obat-obatan. Untuk biaya makan dan transport, Rama mengatakan, akan menggunakan sepeda ke sekolah, dan mengirit biaya makan mensesuaikan makanan baru di negeri Paman Sam.
Rama yang orangtuanya berjualan buku bekas ini mengaku bangga, karena dari uang hasil keringat orang tuanya dia bisa terpilih menjadi pertukaran pelajar.
”Terimakasih kepada Kadis Pendidikan Drs Pardamean Siregar, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kota Drs Suriono, yang telah memberikan kepercayaan ini. Saya akan menjaga nama baik sekolah, Kota Tebingtinggi terutama Indonesia,” papar Rama.
Ibu kandung Rama, Sri Delima mengaku awalnya tidak percaya mendengar anaknya terpilih menjadi duta pelajar ke Mexico City.
”Memang sejak kecil, Rama terlihat sudah cerdas dan pandai di bidang Matematika. Mengetahui anak kami terpilih sekolah ke luar negeri, kami sebagai orang tua tentu bangga. Anak ini akan menjadi kebanggaan keluarga,” ucapnya.
Sri menitip pesdan agar Rama bisa menjaga diri di negeri orang. “Benar-benarlah menuntut ilmu di sana. Dengarkan apa yang dipesankan mereka. Tekunlah menuntut ilmu, jadikanlah bekal agama menjadi perlindungan diri, ingat orang tuamu hanya sebagai pedagang buku bekas dan janganlah kamu malu dengan mata pencarian orangtuamu,” pinta Sri kepada Rama.
Walikota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kadisdik Drs Pardamean Siregar dan Kepsek SMA Negeri 2 Suriono meminta Rama menjaga nama baik Indonesia, terutama Kota Tebingtinggi saat di Mexico City. ”Jangan sombong dan selalu berkomunikasi dengan orang tua di Indonesia. Setelah sampai harus melapor ke Konsul Indonesia disana,” kataUmar. (hs/bn)

0 komentar: